Tanya Veronika Asisten Virtual: mengecek sisa kuota melalui LINE

Telkomsel ialah singkatan dari “Telekomunikasi Seluler” merupakan nama sebuah perusahaan yang menggelar jasa telekomunikasi seluler via sim card Kartu Halo, Simpati dan Kartu As serta memberikan jasa pelayanan yang prima.

Pada mulanya Telkomsel ialah nama layanan dari jasa Telekomunikasi bergerak Seluler (STBS) yang dikelola oleh PT. Telkom.

Bermula pada bulan November tahun 1993, pemerintah minta Telkom untuk mengerjakan GSM pilot project di pulau Bintan dan pulau Batam dengan mengaplikasikan GSM (Global System for Mobile Communication) yang telah diketahui luas di dunia internasional.

Proyek yang pertama kali menggunakan teknologi GSM di Indonesia ini, sukses membangun jaringan komunikasi seluler dari tiada sampai bisa melaksanakan diskusi pada metode telekomunikasi bergerak cuma dua bulan semenjak dimulainya proyek ini.

Proyek percontohan ini kemudian dilanjutkan ke Medan dan Pekanbaru. Dengan keberhasilan hal yang demikian kemudian nama Telkomsel diregistrasikan ke organisasi operator GSM dunia (GSM Mou) yang berkedudukan di Dulbin.

Pada 26 Mei 1995 atas keputusan Menparpostel dan Menteri Keuangan berdirilah Telkomsel sebagai operator GSM kedua di Indonesia.Pada ketika pendirian saham Telkomsel dikuasai raksasa penyelenggara telekomunikasi dalam negeri PT.Telkom (65%) dan perusahaan pemimpin telekomunikasi Internasional PT. Indosat (35%).

Telkom dan Indosat tercatat pada bursa efek dan bursa efek New York. Dengan kemauan kuat untuk menjadi operator bertaraf internasional dengan produk yang berstandar internasional, sesudah lewat pengerjaan tender terbuka dan transparan selama setahun, dua pemegang saham baru PTT Telecom Netherlands, buah hati perusahaan publik raksasa komunikasi Belanda KPN dan PT. Setdco Megacell Asia, perusahaan lokal yang dimotori pengusaha Indonesia terkemuka Setiawan Djody, masuk dalam jajaran pemegang saham Telkomsel.

Komposisi pemegang saham Telkomsel terbaru yaitu PT.Telkom sebagai pemegang saham sebesar 47,72%, lalu PT Indosat 35%, PTT Telecom Netherlands 17,28% dan Setdco Asia 5%.

Dengan masuknya dua mitra hal yang demikian pada 11 Maret 1996 status Telkomsel berubah dari Penanaman Modal Sempurna (PMDN) menjadi Penanaman Modal Asing (PMA).Pada tahun 2001, PT. Telkomsel melakukan perombakan besar-besaran pada susunan pemegang saham.

Pada tahun itu juga PT. Telecom Netherlands dan Setdco Megacell Asia serta PT. Indosat keluar dari kepemegangan saham PT. Telkomsel dan masuklah PT. Singtel (Singapore Telecom) sebagai pemegang saham terkini.

Komposisi pemegang saham di PT. Telkomsel sekarang menjadi PT. Telkom dengan 65% saham dan sisanya PT. Singtel dengan 35% saham. Dengan susunan pemegang saham di atas, karenanya Telkomsel akan sungguh-sungguh mudah mengerjakan jalan masuk politik dan komunikasi, komunikasi global, Quality Control dan jalan masuk GSM antar Negara, promosi dan lain-lain.

Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah sistem aplikasi komputer yang dirancang dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan digunakan secara virtual sebagai asisten untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan dan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui platform perpesanan (messenger), dan mampu melaksanakan tugas-tugas mengeksekusi sebuah perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Tanya veronika asisten virtual adalah seorang asisten virtual yang diberi tugas oleh sistem untuk membantu pelanggan mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Tanya veronika asisten virtual merupakan sebuah produk layanan digital (digital service) yang dibuat menggunakan sistem artificial intelligence berbasis chatting yang dapat diakses secara online melalui akun resmi di situs Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, aplikasi MyTelkomsel, dan Facebook Messenger

Leave a Comment